Dan Perbedaan

7 Perbedaan Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon

Banyak di antara kita yang masih menganggap bahwa jeruk lemon dan jeruk nipis adalah satu jenis jeruk yang sama. Namun, pada kenyataannya, keduanya ternyata adalah 2 spesies jeruk yang berbeda. Perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis misalnya dapat dilihat dari asal usul, warna, bentuk, rasa, manfaat, kandungan kimia, hingga khasiatnya. Perbedaan kedua jenis jeruk inilah yang akan kami informasikan pada kesempatan kali ini. Silakan disimak jika Anda ingin tak lagi salah menyebut nama dari kedua jenis jeruk tersebut!

Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Perbedaan Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon

1. Perbedaan Asal Usul

Jeruk nipis dan jeruk lemon adalah 2 jenis jeruk yang berbeda. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah spesies jeruk yang berasal dari daratan Asia Tenggara, sedangkan jeruk lemon (Citrus limon) -atau kerap juga disebut lemon saja- merupakan spesies jeruk yang berasal dari daratan Asia Timur. Meski berasal dari daerah yang berbeda, kedua jenis jeruk ini sekarang telah menyebar dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman unggulan terutama di daerah-daerah yang beriklim tropis.

2. Perbedaan Warna

Selain dari asal usulnya, perbedaan lemon dan jeruk nipis juga dapat diidentifikasi secara langsung dari kenampakan warna kulitnya. Warna kulit jeruk lemon kuning, sedangkan kulit jeruk nipis umumnya berwarna hijau. Kendati demikian, menggunakan warna sebagai indikator pembeda jeruk lemon dan jeruk nipis kadang tidaklah akurat, mengingat ada pula beberapa spesies jeruk nipis yang memiliki warna kuning saat matang.

3. Perbedaan Bentuk

Indikator yang tepat digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon adalah bentuk buah. Bentuk buah kedua jeruk ini sangat jelas berbeda. Jeruk lemon umumnya berbentuk bulat lonjong sedangkan jeruk nipis umumnya bulat padat. Perbedaan bentuk kedua jeruk ini dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di atas.

4. Perbedaan Rasa

Selain dari warna dan bentuknya, perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis juga dapat diketahui dengan mencicipinya. Rasa jeruk nipis dan jeruk lemon jelas sangat berbeda. Rasa jeruk nipis umumnya sangat asam hingga sedikit pahit, sedangkan rasa jeruk lemon asam tapi ada rasa manis-manisnya meski hanya sedikit. Perbedaan rasa kedua jeruk ini dapat efektif dibedakan jika sudah matang.

5. Perbedaan Manfaat

Karena memiliki rasa yang berbeda, maka manfaat jeruk nipis dan jeruk lemon juga menjadi berbeda. Di masyarakat, jeruk nipis umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Jeruk nipis terutama bermanfaat untuk menghilangkan aroma amis pada masakan berbahan ikan. Adapun jeruk lemon umumnya cenderung lebih sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman sitrun. Terlepas dari manfaat umumnya, tak dapat dipungkiri juga bahwa keduanya juga memiliki manfaat-manfaat lain yang serupa.

6. Perbedaan Kandungan Kimia dan Nutrisi

Perbedaan jeruk nipis dan lemon juga terdapat pada kandungan kimianya. Jeruk lemon umumnya mengandung senyawa kimia berupa pektin, bioflavonoids geraniol asetat, limonene, alpha-pinene, alpha-terpinene, beta-pinenefelandren, citral, koumarins, asam sitrat, linalil asetat, serta nutrisi yang antara lain vitamin A, B1, B2, C, dan mineral berupa fosfor, kalsium, besi, protein, serat, karbohidrat, dan lemak.

Adapun jeruk lemon umumnya mengandung senyawa kimia berupa asam sitrat, triptofan dan  lisin, sitral, felandren, limonen, lemon kamfer, Asam askorbat, gerani-lasetat, kadinen, linali-lasetat, nildehid, aktilaldehid, Glikosida, Asam sitrun, serta nutrisi yang antara lain Vitamin C, B1, dan mineral berupa Kalsium, Fosfor, Zat besi, dan belerang.

7. Perbedaan Khasiat

Karena memiliki kandungan kimia dan nutrisi yang berbeda, jeruk nipis dan jeruk lemon juga pada akhirnya memiliki khasiat pengobatan yang berbeda. Seperti diketahui, kedua jenis jeruk tersebut memang akrab digunakan sebagai bahan pengobatan herbal berbagai jenis penyakit. Jeruk lemon misalnya digunakan sebagai bahan antikanker, penurun kolesterol, mencegah pengerasan pembuluh darah, mengobati tekanan darah tinggi, dan batu empedu. Sedangkan jeruk nipis umumnya digunakan untuk meredakan amandel, ambeien, terlambat datang bulan, nyeri haid, perut mules. selain itu jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut.

Kendati memiliki beberapa perbedaan, ada pula beberapa manfaat yang sama antara keduanya. Persamaan jeruk lemon dan jeruk nipis dalam hal khasiat pengobatan misalnya sebagai antioksidan (memperlambat penuaan), membersihkan kulit, mencegah keriput, meningkatkan stamina, menghilangkan haus dan tidak nafsu makan, menghilangkan lesu dan lelah, saluran nafas (bronchitis) dan radang tenggorokan (pharyngitis), batuk berdahak, serta masalah gangguan pencernaan (dyspepsia).

Nah, itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang beberapa perbedaan antara jeruk lemon dan jeruk nipis. Semoga dari pembahasan tersebut, kita tak akan salah lagi dalam menyebut kedua jenis jeruk yang sudah akrab dengan kehidupan kita ini. Salam.

0 Response to "7 Perbedaan Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon"