Dan Perbedaan

7 Perbedaan DNA dan RNA dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan

Perbedaan DNA dan RNA - DNA dan RNA adalah dua organel sel yang menjadi cetak biru dari semua awal kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang berfungsi sebagai penyimpan informasi biologis makhluk hidup. Baik DNA maupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam proses sintesis protein. Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas DNA dan RNA secara menyeluruh. Kita hanya akan membahas perbedaan dari kedua organel sel ini.

Perbedaan DNA dan RNA

Dirunut dari sisi bahasa, DNA adalah akronim dari kata Deoxyribo Nucleic Acid atau Asam Deoksiribosa Nukleat, sedangkan RNA adalah akronim dari kata Ribonucleic Acid atau Asam Ribosa Nukleat. Adapun jika dirunut dari pengertiannya, DNA merupakan gugus asam amino rantai ganda yang berfungsi dalam mengendalikan aktivitas genetis dan sintesis protein dengan kandungan 3 basa nitrogen (purin, pirimidin, dan gugus fosfat). Sedangkan RNA adalah gugus asam amino rantai tunggal yang mengandung 2 basa nitrogen (yaitu purin dan pirimidin) hanya berfungsi untuk melakukan sintesis protein.

Perbedaan DNA dan RNA Dari pengertian di atas, tentu kita sudah dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi perbedaan antara DNA dan RNA. Perbedaan keduanya antara lain terletak pada fungsi, letak, bentuk, ukuran, komponen gula dan basa nitrogen yang dikandungnya, serta pada fluktuasi kadarnya.

Secara lebih lengkap, berikut ini kami telah cantumkan tabel perbedaan DNA dan RNA untuk dapat Anda identifikasi.
Perbedaan DNA RNA
Fungsi Mengendalikan faktor keturunan dan sintesis protein Mengendalikan sintesis protein
Letak Terdapat pada inti sel Terdapat pada inti sel, sitoplasma, atau ribosom
Komponen Gula Deoksiribosa Ribosa
Ukuran Panjang Pendek
Jenis Basa Nitrogen Purin (adenin dan guanin) gugus fosfat. dan Pirimidin (sitosin dan timin) Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil)
Kadar Tidak berubah Berubah

1. Perbedaan Fungsi

Perbedaan RNA dan DNA yang pertama terletak pada fungsi keduanya. Fungsi DNA lebih kompleks, yakni sebagai pengendali aktivitas genetis (faktor keturunan) dan kegiatan sintesis protein. Sementara itu, RNA hanya sekedar berfungsi sebagi pengendali sintesis protein saja.

2. Perbedaan Letak

Letak DNA dan RNA juga berbeda. DNA umumnya dapat kita temukan hanya pada inti sel, sementara RNA bisa ditemukan pada beberapa organel sel antara lain inti sel, sitoplasma, atau ribosom.

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

DNA adalah gugus asam amino rantai ganda, sedangkan RNA adalah gugus asam amino rantai pendek. Oleh karena itu, secara ukuran, bentuk DNA umumnya lebih panjang dengan bentuk membulat, sementara ukuran RNA lebih pendek bentuk bentuk yang lebih tipis. Lihat gambar di atas untuk mengetahui perbedaan ukuran tersebut.

4. Perbedaan Komponen Gula

Gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus Deoksirobosa, sedangkan gugus gula yang menyusun RNA adalah Ribosa. Deoksiribosa merupakan gabungan 2 gusus gula ribosa.
Perbedaan Cuaca dan Iklim

5. Perbedaan Jenis Basa Nitrogen

Perbedaan DNA dan RNA juga terletak pada jenis basa nitrogen yang dikandungnya. DNA mengandung 3 basa nitrogen yang antara lain Purin (adenin dan guanin), Pirimidin (sitosin dan timin), dan gugus fosfat, sementara RNA hanya mengandung 2 basa nitrogen yaitu Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil).

6. Perbedaan Kadar

Kadar RNA dapat berubah karena adanya aktivitas sintesis protein, sedangkan kadar DNA bersifat statis karena tidak dipengaruhi aktivitas sintesis protein maupun aktivitas genetis.

Nah, itulah 6 perbedaan DNA dan RNA secara singkat yang dapat kami jelaskan. Semoga karena dilengkapi dengan tabel, Anda bisa semakin mudah mengidentifkasi perbedaan kedua organel sel yang berperan penting dalam aktivitas pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Perbedaan DNA dan RNA dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan"