Dan Perbedaan

4 Perbedaan Internet dan Intranet secara Singkat dan Spesifik

Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada beberapa dasawarsa terakhir ini telah membuat internet semakin dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Berbagai fasilitas yang disuguhkan internet telah begitu memanjakan kehidupan manusia. Tanpa batasan usia, semua orang kini sudah tak lagi kikuk dan kaku dengan buah teknologi yang satu ini.

Akan tetapi, dalam perkembangan teknologi jaringan virtual, selain internet, ternyata ada satu lagi teknologi yang mungkin sangat jarang orang ketahui. Teknologi tersebut bernama intranet. Apakah teknologi intranet itu? Bagaimana perbedaan internet dan intranet? Berikut pembahasannya secara singkat dan spesifik untuk dapat Anda pahami.

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet

Meski secara ejaan internet dan intranet hanya berbeda beberapa huruf saja, namun secara makna, keduanya ternyata memiliki banyak perbedaan. Beberapa ahli telah menelurkan pendapatnya masing-masing terkait makna atau pengertian internet dan intranet dari sudut pandangnya masing-masing. Akan tetapi, secara umum pengertian keduanya adalah sebagai berikut:

  • Internet adalah sebuah teknologi yang mampu menghubungkan semua jaringan komputer di dunia untuk melakukan pertukaran dan akses data.
  • Intranet adalah teknologi yang mampu menghubungkan jaringan komputer di dalam suatu lokal wilayah tertentu seperti ruangan, rumah, perpustakaan, kantor, dan lain sebagainya.

Dari kedua pengertian di atas, tentu sedikit banyak kita telah dapat mengidentifikasi apa saja perbedaan internet dan intranet. Perbedaan keduanya secara sederhana seperti ditunjukan pada tabel berikut:
Perbedaan Internet Intranet
Jangkauan jaringan Internasional atau sangat luas Lokal atau sempit
Perkembangan Sangat pesat Cenderung lambat
Aksesibilitas Semua orang, siapapun dan kapanpun Orang tertentu
Keamanan Kurang terjamin Terjamin

1. Perbedaan Jangkauan

Perbedaan internet dan intranet yang paling spesifik terletak pada wilayah yang dapat dijangkau keduanya. Internet menjangkau wilayah yang sangat-sangat luas. Semua orang di seluruh dunia dapat menikmati setiap data yang terdapat di internet tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini tentu berbeda dengan jangkauan teknologi intranet. Intranet hanya menjangkau suatu kawasan lokal yang sempit. Di mana orang-orang yang ingin menjangkaunya juga harus memiliki akses khusus.

2. Perbedaan Perkembangan

Perkembangan dan inovasi antara internet dan internet juga berbeda. Teknologi internet berkembang dengan sangat pesat. Jangkauan dan akses yang mudah bagi penggunanya memungkinkan setiap orang dapat menuangkan kreasinya masing-masing ke dalam jaringan ini. Sementara perkembangan intranet sangat lambat dan terbatas. Lingkup jangkauannya yang sempit membuat penambahan dan pembaruan dari setiap konten atau fitur yang ada di dalamnya sangat terbatas dan tidak mungkin bisa menyaingi perkembangan internet.

Perbedaan Internet dan Intranet

3. Perbedaan Aksesibilitas

Aksesibilitas atau kemampuan untuk mengakses setiap konten di internet dimiliki oleh semua orang di dunia. Hal ini berbeda dengan aksesibilitas intranet, di mana hanya orang-orang tertentu yang telah diberikan hak dan kewenangan sajalah yang bisa mengakses data-data yang terdapat dalam intranet.
Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

4. Perbedaan Tingkat Keamanan

Perbedaan internet dan intranet juga terdapat pada sisi tingkat keamanannya. Intranet umumnya jauh lebih aman dibandingkan internet. Keamanan intranet yang lebih baik disebabkan karena pembatasan akses yang ada dalam jaringan ini. Pembatasan akses di jaringan intranet membuat peretas akan mengalami kesulitan ketika hendak melakukan perbuatan negatif di dalamnya.

Nah, itulah penjelasan tentang beberapa perbedaan internet dan intranet secara singkat yang dapat kami jelaskan. Semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "4 Perbedaan Internet dan Intranet secara Singkat dan Spesifik"