Dan Perbedaan

4 Perbedaan Reaksi Terang dan Reaksi Gelap Fotosintesis

Untuk menghasilkan energi bagi pertumbuhan dan metabolismenya, organisme autotrof –termasuk tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Proses fotosintesis adalah proses merubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan energi (gula) melalui bantuan cahaya matahari. Proses fotosintesi secara rinci terbagi menjadi 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Apakah reaksi gelap dan terang itu? Bagaimana proses keduanya? Apa saja perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut!

Perbedaan Reaksi Terang dan Reaksi Gelap

Reaksi terang adalah reaksi fotolisis yang memecah air (H2O) menjadi ion hidrogen dan oksigen dengan bantuan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di bagian kloroplas yang bernama grana. Reaksi terang selain menghasilkan oksigen, juga menghasilkan ATP dan NADPH2 sebagai sumber energi yang dibutuhkan dalam reaksi gelap.

Reaksi gelap adalah reaksi lanjutan setelah reaksi terang. Reaksi gelap adalah reaksi fiksasi yang mengikat karbondioksida dan menggabungkannya dengan Hidrogen hasil dari fotolisis reaksi terang. Reaksi yang berlangsung pada bagian kloroplas bernama stroma ini menggunakan energi berupa ATP dan NADPH2 yang berasal dari reaksi terang. Reaksi gelap menghasilkan energi dalam bentuk karbohidrat sederhana.

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan 4 perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap. Perbedaan tersebut telah kami sajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut:
Perbedaan Reaksi Terang Reaksi Gelap
Tempat berlangsung Bagian kloroplas yang bernama Grana Bagian kloroplas yang bernama Stroma
Sumber energi Cahaya matahari ATP dan NADPH2 hasil dari reaksi terang
Proses yang terjadi Reaksi fotolisis yaitu pemecahan air (H2O) menjadi ion hidrogen (H+) dan molekul air menggunakan energi cahaya Reaksi fiksasi yaitu pengikatan karbondioksida (CO2), dan mengkombinasikannya dengan ion hidrogen (H+) sehingga membentuk gula
Hasilnya O2, ATP, dan NADPH2 Karbohidrat sederhana (C6H12O6)

1. Perbedaan Tempat Berlangsung

Perbedaan pertama terletak pada tempat terjadinya kedua reaksi. Reaksi terang terjadi di bagian kloroplas yang bernama Grana, sementara reaksi gelap terjadi di bagian kloroplas yang bernama stroma. Letak kedua tempat reaksi fotosintesis ini dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Perbedaan Reaksi Terang dan Reaksi Gelap

2. Perbedaan Sumber Energi

Perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap selanjutnya terletak pada sumber energi keduanya. Reaksi terang di namai demikian karena ia menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi utamanya, sedangkan reaksi gelap tidak menggunakan cahaya, melainkan menggunakan energi dalam bentuk ATP dan NADPH2 hasil dari reaksi terang.

3. Perbedaan Proses Terjadinya

Reaksi terang dan reaksi gelap juga berbeda dalam prosesnya. Proses reaksi terang adalah proses fotolisis yang memecah air menjadi ion H+ dan oksigen, sementara proses reaksi gelap adalah reaksi fiksasi yang mengikat karbondioksida di udara dengan ion H+ yang dihasilkan dari reaksi terang.
Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

4. Perbedaan Hasil

Perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap yang terakhir terdapat pada hasilnya. Reaksi terang menghasilkan O2, dan enerti berupa ATP dan NADPH2, sementara reaksi gelap menghasilkan energi berupa karbohidrat sederhana.

Nah, demikianlah 4 perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap yang dapat kami jelaskan. Semoga bisa dipahami dengan baik dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Jangan gunakan artikel ini sebagai contekan ketika ujian. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Response to "4 Perbedaan Reaksi Terang dan Reaksi Gelap Fotosintesis"