Dan Perbedaan

4 Perbedaan Visa Dan Paspor beserta Jenis-jenisnya

Saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri, kita membutuhkan 2 dokumen resmi sebagai syarat untuk memasuki sebuah negara. Kedua dokumen tersebut adalah paspor dan visa. Banyak yang menganggap bahwa paspor dan visa adalah 2 dokumen yang sama, terutama bagi mereka yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan lintas negara. Padahal anggapan tersebut sebetulnya tidak tepat. Paspor dan visa adalah 2 dokumen yang berbeda. Apa saja perbedaan paspor dan visa tersebut? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak pembahasan berikut ini!

Perbedaan Visa Dan Paspor

Dirunut dari pengertiannya, paspor diartikan sebagai dokumen resmi berupa sebuah buku yang berisi identitas seseorang sebagai syarat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor dikeluarkan oleh Dirjen Keimigrasian Kementrian Luar Negeri atau lembaga dengan kewenangan yang sama.

Perbedaan Visa Dan Paspor

Sementara visa adalah dokumen izin tinggal atau izin berkunjung yang dikeluarkan suatu negara melalui kedutaan yang terdapat di negara setempat. Visa umumnya berbentuk stempel atau stiker yang dilekatkan pada paspor dan berisi lamanya izin tinggal atau berkunjung sesuai dengan peruntukannya.

Nah, dari pengertian di atas, kita tentu sudah memiliki gambaran tentang apa saja sebetulnya perbedaan antara visa dan paspor. Perbedaan kedua dokumen tersebut kami sajikan dalam bentuk tabel berikut ini.
Perbedaan Visa Paspor
Isi Izin masuk seseorang ke suatu negara Identitas diri
Yang berkewenangan memberikan Kedutaan atau Konsulat Jenderal negara yang akan dikunjungi Dirjen Keimigrasian Kementrian Luar Negeri atau lembaga dengan kewenangan yang sama
Wujud Stempel atau stiker Buku
Jenis Visa wisata, visa bisnis, dan visa pelajar Paspor 24 halaman dan paspor 48 halaman

1. Perbedaan Isi

Perbedaan paspor dan visa yang pertama terletak pada isinya. Paspor merupakan dokumen yang berisi identitas pemegang paspor. Identitas tersebut meliputi nama, foto, tanda tangan, alamat, tempat dan tanggal lahir, serta kewarganegaraannya. Sementara visa merupakan dokumen izin untuk berkunjung atau tinggal yang diperoleh dari kedutaan negara yang akan dikunjungi.

2. Perbedaan Pihak yang Berkewenangan Membuat

Paspor dikeluarkan oleh Dirjen Keimigrasian dari negara asal pengunjung atau lembaga yang memiliki kewenangan yang sama, sementara visa dikeluarkan oleh konsulat jenderal atau kedutaan negara yang akan dikunjungi.

3. Wujud

Perbedaan visa dan paspor secara jelas juga dapat dilihat dari wujudnya. Visa berbentuk sebuah stempel atau stiker yang ditempelkan pada paspor dan memuat lamanya izin tinggal sesuai peruntukannya. Sementara paspor berbentuk sebuah buku dengan ketebalan 24 atau 48 halaman sesuai dengan peruntukannya.

4. Jenis

Berdasarkan peruntukannya, visa dan paspor dibedakan menjadi beberapa jenis. Visa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu visa wisata (1 sampai 3 bulan), visa bisnis (3 sampai 6 bulan),  dan visa pelajar (tentatif). Sementara paspor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu paspor 24 halaman yang diperuntukan bagi TKI dan paspor 48 halaman yang diperuntukan untuk umum.

Untuk memahami perbedaan visa dan paspor, kami akan berikan ilustrasi berikut:
Semisal Anda akan berkunjung ke Saudi Arabia untuk menunaikan ibadah haji atau umroh, maka Anda terlebih dahulu harus membuat paspor di Dirjen Keimigrasian Kementerian Luar Negeri. Setelah paspor jadi, selanjutnya Anda harus mengurus izin tinggal atau Visa ke kedutaan Saudi Arabia yang ada di Jakarta. Nah, jika izin sudah diberikan, maka Anda bisa langsung berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan tujuan Anda. Sudah cukup jelas bukan?

Nah, demikianlah beberapa perbedaan visa dan paspor yang bisa kami jelaskan. Setelah membaca artikel ini, kami berharap Anda tak lagi bingung membedakan apa itu visa dan apa itu paspor. Semoga bermanfaat!

0 Response to "4 Perbedaan Visa Dan Paspor beserta Jenis-jenisnya"