Dan Perbedaan

4 Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal dalam Tabel dan Penjelasan

Zakat adalah rukun islam keempat yang wajib ditunaikan oleh semua manusia yang mengaku dirinya muslim. Zakat adalah ibadah yang dilakukan dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada para mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat. Ada 2 jenis zakat yang diajarkan dalam Islam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Apakah zakat fitrah dan zakat mal itu? Kapan kedua zakat itu dikeluarkan? Apa saja perbedaan zakat fitrah dan zakat mal jika dirunut dari hukum Islam? Untuk tahu jawabannya, simak pembahasan singkat berikut ini!

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan seorang muslim pada bulan suci Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Zakat ini dikeluarkan dengan nilai setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram makanan pokok yang biasa dimakan oleh si wajib zakat. Sementara zakat maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim dari harta yang diperolehnya melalui usaha pertanian, perniagaan, hasil laut, pertambangan, harta temuan, hasil ternak, emas, dan perak dengan besaran (nisab) dan waktu (haul) yang telah ditentukan.

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Dari pengertian zakat fitrah dan zakat mal di atas, kita bisa menemukan beberapa perbedaan mendasar antara keduanya. Adapun perbedaan zakat fitrah dan zakat mal tersebut telah kami rangkum dalam bentuk tabel sebagai mana berikut.
Perbedaan Zakat Fitrah Zakat Mal
Peruntukan Zakat diri Zakat Harta
Waktu pengeluaran Sebagian bulan ramadhan dan sebagian bulan syawal Sudah sampai nisab dan haulnya
Jumlah pengeluaran Sebanyak 2,5 kg beras atau sesuatu yang nilainya setara Kadarnya ditentukan berdasarkan nisabnya
Yang diwajibkan Semua muslim Semua muslim yang memiliki harta dengan hak milik sempurna

1. Perbedaan Peruntukan

Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal yang pertama bisa kita lihat dari peruntukannya. Zakat fitrah adalah zakat diri, artinya diperuntukan sebagai pembersih diri kita dari perbuatan yang kotor dan sia-sia. Hal ini sebagaimana sabda Rosululloh dalam hadist berikut:
"Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan yang kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.“ (Hasan: Shahihul Ibnu Majah)
Sementara zakat mal adalah zakat harta, artinya dikeluarkan untuk membersihkan harta kita dari hak para fakir dan miskin. Hal ini sebagaimana Firman Alloh QS At-Taubah berikut:
"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allâh, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. at-Taubah/9:34-35)

2. Perbedaan Waktu Pengeluaran

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada sebagian bulan ramadhan dan sebagian bulan Syawal. Namun secara umum, pengeluaran zakat fitrah di Indonesia dilakukan pada minggu terakhir bulan Ramadhan. Zakat fitrah tetap boleh dikeluarkan maksimal hingga waktu setelah sholat Idul Fitri hingga matahari terbenam di hari yang sama.

Sementara zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan jika harta yang dimiliki telah mencapai nisab dan haulnya. Nisab adalah batas terendah dari jumlah harta yang dimiliki, sedangkan haul adalah waktu yang harus terpenuhi dari kepemilikan harta tersebut.

Sebagai contoh, kepemilikan emas memiliki nisab sebanyak 98,6 gram dengan haul 1 (satu) tahun, artinya jika kita memiliki emas sebanyak tersebut selama 1 tahun, maka kita wajib mengeluarkan zakat sebanyak 2,5%.

Untuk bisa menghitung besaran zakat mal secara tepat, Anda bisa menggunakan fasilitas kalkulator zakat online yang terdapat di situs zakat.or.id

3. Perbedaan Jumlah Pengeluaran

Jumlah atau besaran zakat yang dikeluarkan antara zakat fitrah dan zakat mal juga berbeda. Zakat fitrah dikeluarkan minimal sebanyak makanan pokok yang mengenyangkan atau rata-rata  2,5 kg beras. Sementara jumlah zakat mal yang dikeluarkan bergantung dari besaran kadar zakat yang telah ditentukan dalam ilmu fiqih.
Perbedaan Sunni dan Syiah

4. Perbedaan Wajib Zakat

Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal juga terletak pada siapa wajib zakatnya. Zakat fitrah diwajibkan bagi semua umat Islam yang lahir sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan ramadhan dan mempunyai kelebihan harta meski hanya sedikit, termasuk para hamba sahaya. Sementeara zakat mal diwajibkan hanya bagi umat Islam yang merdeka (bukan budak), serta memiliki harta secara sempurna yang telah mencapai nisab dan haulnya.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan zakat fitrah dan zakat mal. Semoga dapat menjadi wawasan yang bermanfaat bagi kita semua. Salam

0 Response to "4 Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal dalam Tabel dan Penjelasan"