Dan Perbedaan

15 Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Fisiknya + Gambar

Cucak ijo atau sering disingkat CI adalah varian burung kicau yang baru-baru ini kian marak dipelihara. Kicauan indahnya yang sering diadukan dalam kontes kicau burung menjadi daya tarik para pehobi untuk membudidayakan jenis burung yang satu ini. Di antara banyak jenis burung cucak ijo yang dapat dibudidayakan, ada 2 yang paling populer. Kedua burung cucak ijo tersebut adalah cucak ijo Banyuwangi dan cucak ijo Kalimantan.

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Cucak ijo Banyuwangi dan Kalimantan adalah 2 jenis burung yang memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi suara kicauan maupun dari keindahan bulunya. Akan tetapi, di antara 2 jenis cucak ijo tersebut, cucak ijo Kalimantan adalah jenis yang paling diminati. Hal ini karena, cucak ijo Kalimantan dianggap memiliki kicauan yang lebih variatif dan lebih panjang dibandingkan cucak ijo Banyuwangi.


Sumber : hobiburung.com
Selain dari kualitas kicauannya, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi juga dapat dilihat dari fisiknya, baik dari postur tubuh, warna bulu, perilaku saat ngetrol, maupun bentuk ekornya. Secara sederhana, kami telah merangkum perbedaan kedua jenis burung tersebut dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
Perbedaan Cucak Ijo Banyuwangi Cucak Ijo Kalimantan
Postur tubuh Lebih panjang dengan bentuk yang agak melengkung Lebih pendek dan tidak melengkung
Saat ngentrol Jambulnya terlihat lebih atraktif atau full njegrik saat ngetrol Jambulnya tidak atraktif
Warna Bulunya hijau tua dan terlihat lebih jelas Bulunya hijau agak kekuning-kuningan
Ekor Lebih panjang, lebih lentur, dan cenderung melengkung Lebih pendek, lebih kaku, dan tidak melengkung
Kicauan Bervariasi terutama saat diadu Tidak se-variatif cucak ijo Banyuwangi

1. Perbedaan Postur Tubuh

Perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang pertama bisa kita lihat dari postur tubuhnya. Cucak ijo Banyuwangi umumnya memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan lentur sehingga akan terlihat agak melengkung. Sedangkan postur tubuh cucak ijo Kalimantan biasanya lebih pendek dan tidak melengkung.

2. Perbedaan Saat Ngetrol

Saat ngetrol, cucak ijo Banyuwangi umumnya akan menjenggrikan jambulnya sehingga terlihat lebih atraktif, sedangkan cucak ijo Kalimantan tidak atraktif, baik saat ngetrol maupu saat tidak ngetrol. Jambul yang atraktif adalah salah satu nilai tambah yang membuat cucak ijo Banyuwangi lebih diminati para pehobi burung.
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

3. Perbedaan Warna

Nah, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi juga dapat kita lihat secara jelas dari warna bulunya. Cucak ijo Banyuwangi umumnya mempunyai bulu dengan warna hijau tua, sedangkan bulu pada cucak ijo Kalimantan cenderung lebih pucat dengan warna hijau kekuning-kuningan. Perbedaan bulu antara cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi dapat Anda lihat seperti pada gambar di atas.

4. Perbedaan Ekor

Karena postur tubuhnya berbeda, maka ekor kedua burung ini pun punya karakteristik yang berbeda pula. Ekor cucak ijo Banyuwangi lebih panjang, lentur, dan melengkung, sementara ekor cucak ijo Kalimantan pendek, kaku, dan tidak melengkung.

5. Perbedaan Kicauan

Nah, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang terakhir terletak pada kualitas kicauannya. Cucak ijo Banyuwangi disebut memiliki kicauan yang lebih variatif, panjang, dan atraktif terutama ketika sedang diadu. Sedangkan cucak ijo Kalimantan sebaliknya. Kicauan mereka cenderung pendek dan monoton.

Dari perbedaan-perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi di atas, kita sudah dapat memprediksi, mana jenis burung cucak ijo yang paling bagus. Ya, cucak ijo Banyuwangi adalah yang terbaik, sesuai dengan harganya yang cenderung lebih mahal. Semoga bermanfaat!

0 Response to "15 Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Fisiknya + Gambar"