Dan Perbedaan

8 Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar

Jalak suren adalah burung kicau yang paling cerewet dan berisik. Burung endemik Asia Tenggara ini sering dipelihara terutama sebagai penjaga rumah. Burung jalak suren akan berkicau dengan kencang ketika ada orang asing yang datang ke rumah pemeliharanya. Akan tetapi, jalak suren yang cenderung memiliki perilaku seperti ini adalah jalak suren yang berjenis kelamin jantan. Jalak suren betina diketahui lebih tenang dan tidak se-agresif pejantannya.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Karena perilaku antar jenis kelaminnya yang berbeda, maka Anda perlu tahu bagaimana spesifikasi dan ciri dari masing-masing jenis kelamin burung yang satu ini. Anda harus tahu seperti apa perbedaan jalak suren jantan dan betina agar tidak dikibuli oleh penjual nakal saat membelinya di toko burung atau penangkaran.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina
Sumber : Omkicau
Perbedaan jalak suren jantan dan betina sebetulnya dapat dengan mudah diketahui dari fisiknya. Kita bisa mengetahui apakah seekor jalak suren berjenis kelamin jantan atau betina dari ukuran dan bentuk tubuh, bentuk kepala, paruh, bulu, ekor, jari, serta dari jambul di kepalanya. Secara sederhana, perbedaan fisik kedua jenis kelamin burung ini telah kami sajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
Perbedaan Jalak Suren Jantan Jalak Suren Betina
Ukuran tubuh Relatif lebih besar Cenderung kecil
Tubuh berbentuk Lonjong dan panjang Bulat dan cenderung pendek
Kepala Besar dan bulat Ramping
Paruh Panjang dan kokoh Lebih pendek
Bulu Bulu hitam mengkilap bagian bawah tubuh terlihat lebih bersih Bulu putih di tubuh bagian bawah terlihat kusam
Ekor Panjang dan bulunya menyatu Pendek dan halus
Jari Lebih kokoh dan panjang Lebih pendek
Jambul Lebih panjang dan melebar Pendek dan tidak lebar

1. Perbedaan Ukuran dan Bentuk Tubuh

Perbedaan jalak suren jantan dan betina yang pertama bisa kita identifikasi dari tubuhnya. Tubuh jalak suren jantan biasanya relatif lebih besar dengan bentuk yang lonjong dan panjang. Sedangkan jalak suren betina umumnya memiliki tubuh yang berukuran kecil dengan bentuk bulat dan pendek.

2. Perbedaan Kepala dan Paruh

Membedakan jalak suren jantan dan betina juga dapat dilakukan dengan melihat kepala dan paruhnya. Kepala jalak suren jantan cenderung lebih besar dan bulat sementara paruhnya lebih panjang dan kokoh. Adapun jalak suren betina umumnya memiliki kepala dengan bentuk yang lebih ramping dan pendek. Perbedaan kepala jalak suren jantan dan betina dapat Anda lihat seperti pada gambar.

3. Perbedaan Bulu dan Ekor

Perbedaan jalak suren jantan dan betina selanjutnya terletak pada warna bulu dan ekornya. Bulu hitam jalak suren jantan cenderung mengkilap dan bagian bawahnya lebih bersih, sedangkan bulu putih jalak suren betina cenderung lebih kusam di bagian bawahnya. Adapun untuk bulu ekor, jantan biasanya memiliki bulu yang lebih panjang dan menyatu dibandingkan betinanya.
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

4. Perbedaan Jari

Perbedaan ini juga bisa menjadi ciri utama dalam membedakan jenis kelamin jarak suren. Betina suren umumnya memilii jari lebih pendek dari jantannya, sementara jari pejantan suren selain panjang juga akan terlihat lebih kokoh.

5. Perbedaan Jambul

Saat jambul di kepalanya mengembang, kita juga akan melihat perbedaan spesifik antara pejantan dan betina suren. Jantan umumnya memiliki jambul panjang dan melebar, sementara betina memiliki jambul yang saat mengembang terlihat pendek dan menciut.

Nah, itulah beberapa perbedaan jalak suren jantan dan betina yang dapat menjadi pedoman Anda saat akan membeli burung penunggu rumah ini. Semoga bisa bermanfaat!

0 Response to "8 Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar"