Dan Perbedaan

8 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar

Burung pleci adalah salah satu burung kicau yang dewasa ini semakin nge-trend di kalangan pencinta burung Indonesia. Selain karena perawatannya yang mudah, burung pleci banyak dipelihara karena ia memiliki suara kicauan yang merdu dan indah. Adapun bagi para pehobi burung pemula, membedakan jenis kelamin pleci sering kali menjadi masalah tersendiri. Kebanyakan mereka tidak mengetahui seperti apa ciri-ciri dan perbedaan pleci jantan dan betina baik dari segi fisik maupun dari perilakunya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan mengulas pembahasannya untuk Anda. Silakan disimak!

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Sama seperti burung lovebird atau kenari, perbedaan burung pleci jantan dan betina juga utamanya dapat dilihat dari kenampakan fisiknya. Bentuk kepala, paruh, warna bulu, klep mata, bentuk badan, ekor serta kloaka mereka bisa menjadi indikator petunjuk jenis kelaminnya. Secara sederhana, perbedaan pleci jantan dan betina telah kami sajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Pleci Jantan Pleci Betina
Kepala Lebih besar dan bulat Lebih kecil
Paruh Pendek Relatif panjang
Warna bulu Lebih tajam Kusam
Klep mata Putus-putus dan tebal bagian bawah Tebal tanpa putus
Badan Lebih panjang Lebih pendek dan bulat
Ekor Lebih panjang dengan ujung berbentuk huruf  V atau lancip di ujungnya Pendek dan bagian ujung rata membentuk huruf U
Kloaka Menonjol Tidak menonjol

1. Perbedaan Bentuk Kepala

Bentuk kepala pleci jantan dan betina akan terlihat begitu jelas berbeda. Pleci jantan umumnya memiliki kepala dengan ukuran lebih besar dengan bentuk yang membulat, sementara pleci betina sebaliknya. Pleci betina umumnya mempunyai kepala yang relatif lebih kecil.

2. Perbedaan Bentuk Paruh

Perbedaan pleci jantan dan betina juga dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Paruh pleci jantan akan terlihat berukuran lebih pendek, sementara paruh pleci betina relatif lebih panjang. Perbedaan paruh antara pleci jantan dan betina dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di bawah ini.

3. Perbedaan Warna Bulu

Selain suara, keindahan bulu juga menjadi salah satu faktor yang menentukan nilai jual seekor burung hias. Pleci jantan umumnya memiliki bulu dengan warna yang tajam, sementara pleci betina sering kali ditemukan dengan bulu yang lebih kusam. Oleh karenanya, biasanya pleci jantan dihargai dengan nominal yang lebih mahal.

4. Perbedaan Klep Mata

Burung pleci termasuk jenis burung berkacamata (Zosteropidae), hal ini karena pada bagian kelopak matanya dikelilingi oleh warna hitam putih yang sangat kontras. Nah, dari matanya ini juga kita bisa membedakan apakah burung pleci termasuk berjenis kelamin jantan atau betina. Burung pleci jantan umumnya memiliki klep mata yang tebal dan putus-putus, sementara pleci betina memiliki klep mata yang tebal tapi tidak putus-putus.

5. Perbedaan Badan dan Ekor

Sama seperti kebanyakan burung lainnya, badan pleci jantan umumnya akan terlihat lebih panjang dan ramping dengan ekor lancip membentuk huruf V. Sementara pleci betina umumnya memiliki badan yang membulat dilengkapi dengan ekor papak rata membentuk huruf U.

6. Perbedaan Kloaka

Dan, perbedaan pleci jantan dan betina yang terakhir dan yang paling efektif bisa kita lihat dari kloaka atau lubang pembuangannya. Kloaka pleci jantan umumnya akan menonjol terutama ketika ditiup, sementara pleci betina kloakanya terlihat lebih papak. Perbedaan kloaka pleci jantan dan betina dapat Anda lihat pada gambar di atas.

Demikianlah beberapa perbedaan pleci jantan dan betina yang dapat kami sampaikan. Cukup kontras bukan? Nah, setelah membaca artikel ini kami yakin Anda akan bisa dengan mudah membedakan kelamin pleci Anda, sehingga tidak akan tertipu lagi oleh penjual burung yang curang. Semoga bermanfaat!

0 Response to "8 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar"