Dan Perbedaan

6 Perbedaan Temulawak dan Kunyit dari Warna, Aroma, Bentuk, dll

Indonesia adalah negeri dengan tanah yang sangat subur. Berbagai tanaman dapat tumbuh dengan baik di sini. Di antara tanaman-tanaman yang tumbuh tersebut, sebagai masyarakat awam kita sering kali kesulitan dalam membedakan 2 jenis tanaman rempah yang sebetulnya sudah akrab dengan kita terutama dalam hal pengobatan herbal maupun dalam hal bumbu masakan. Kedua tanaman itu adalah temulawak dan kunyit.

Perbedaan Temulawak dan Kunyit

Temulawak dan kunyit sering dianggap sama karena dari segi morfologi fisik keduanya memiliki banyak kemiripan. Kendati begitu terdapat beberapa perbedaan yang sangat mencolok pada keduanya, terlebih jika kita perhatikan dengan seksama. Apa saja perbedaan temulawak dan kunyit tersebut? Ketahui jawabannya dengan menyimak uraian berikut ini!

 Perbedaan Temulawak dan Kunyit
Perbedaan temulawak dan kunyit memang sulit diketahui terlebih bagi mereka yang jarang ke dapur. Akan tetapi, jika kita jeli, kita bisa membedakan keduanya dari warna rimpang, rasa, aroma, bentuk tanaman, serta dari manfaat dan kandungannya. Nah, untuk menggambarkan perbedaan-perbedaan tersebut, terutama dari bentuknya, silakan bandingkan perbedaan gambar kunyit dan temulawak berikut ini.

1. Perbedaan Warna

Temulawak dan kunyit memiliki warna dasar yang sama, yakni kuning orange. Kendati begitu, temulawak umumnya memiliki warna kuning orange yang lebih pudar dengan guratan hitam yang kontras di bagian kulit rimpangnya, sementara kunyit cenderung berwarna orange cerah yang sangat mencolok.

2. Perbedaan Rasa

Perbedaan temulawak dan kunyit sebetulnya juga dapat diketahui dari rasanya, tentunya jika kita mau mencicipinya. Temulawak cenderung memiliki sedikit rasa pahit pahang, sedangkan kunyit mempunyai sedikit rasa manis.

3. Perbedaan Aroma

Perbedaan aroma antara temulawak dan kunyit juga berbeda. Akan tetapi perbedaan ini cenderung sulit dideskripsikan oleh saya. Yang jelas, aroma kunyit cenderung lebih kuat dan khas dibandingkan aroma temulawak. Kita bisa mencoba mencium bagian dalam kedua rempah ini untuk merasakan bau keduanya.
Baca Juga : Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

4. Perbedaan Bentuk

Bentuk tanaman temulawak dan kunyit juga sangat mirip. Hal ini wajar karena kedua tanaman ini termasuk ke dalam keluarga yang sama, yakni keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Kendati begitu, jika kita jeli memperhatikan, kita akan melihat adanya garis hitam di tengah daun temulawak. Sementara daun kunyit cenderung berwarna polos.

5. Perbedaan Manfaat

Nah, yang terakhir inilah yang paling krusial. Anda harus tahu apa sebetulnya perbedaan manfaat antara kunyit dan temulawak agar tak salah dalam memilih bahan herbal bagi pengobatan penyakit Anda.

Kunyit dan temulawak adalah 2 tanaman yang berbeda, oleh karena itu keduanya juga mempunyai kandungan-kandungan yang berbeda pula. Dari perbedaan kandungan tersebut, maka mereka juga memiliki manfaat yang berbeda.

Sebetulnya ada banyak manfaat temulawak dan kunyit yang bisa kita kupas, akan tetapi mungkin hal tersebut akan dibahas pada artikel berikutnya. Namun secara umum, yang menjadi perbedaan temulawak dan kunyit adalah temulawak cenderung bermanfaat sebagai obat herbal penambah nafsu makan sedangkan kunyit lebih bermanfaat untuk melancarkan organ sistem pencernaan.

Demikianlah beberapa perbedaan temulawak dan kunyit baik dari segi warna, aroma, bentuk, rasa, serta manfaat dan kandungannya. Semoga setelah membaca artikel ini kita semua tidak salah pilih lagi dalam menentukan jenis rempah mana yang akan kita gunakan untuk bumbu masak maupun untuk bahan obat herbal.

0 Response to " 6 Perbedaan Temulawak dan Kunyit dari Warna, Aroma, Bentuk, dll"